Modalitas CT-Scan (software)

Beberapa aplikasi soft ware yang secara umum digunakan pada modalitas CT Scan adalah sebagai berikut (GE Healthcare,2008, Lars Herrnsdorf RTI, 2008, Seeram,2001)  :

 

1.   Rekonstruksi tiga dimensi 
    Pada penggunaannya aplikasi soft ware rekonstruksi tiga dimensi dapat digabungkan dengan :
a. Multi Planar Reformating (MPR)
Aplikasi soft ware Multi Planar Reformating (MPR)  merupakan tampilan  gambar dalam berbagai bidang baik sagital, aksial maupun coronal.
b. Maksimum Intensity Projection (MIP).
Maksimum Intensity Projection merupakan rekonstruksi tiga dimensi yang digunakan untuk melihat jaringan tubuh sampai intensitas yang paling maksimum. Sebagai contoh untuk melihat perdarahan pada jaringan otak.
c. Volume Rendering
Soft ware volume rendering merupakan hasil rekonstruksi tiga dimensi yang dibuat dari jaringan terdalam sampai dengan jaringan terluar. Aplikasi soft ware ini digunakan untuk melihat volume ketika gambar anatomi dibuat dalam sisi potongan yang berbeda
d. Shaded Surface Display (SSD)
Soft ware shaded surface display merupakan hasil rekonstruksi tiga dimensi dari bagian luarnya saja. Sebagai contoh pada penggunaan rekonstruksi tulang, gambaran tulang tampak dalam tiga dimensi sementara jaringan otak tidak ditampakkan.
e. Multi Planar Volume Rendering (MPVR)
Soft ware Multi Planar Volume Reformating merupakan tampilan gambar dari multi planar reformat dalam bentuk volume dilihat dari sisi coronal oblik maupun sagital oblik. Aplikasi soft ware ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar penyudutan sebagai contoh pada kasus impaksi gigi.
        2.   Nerve marking
Aplikasi soft ware nerve marking digunakan pada pemeriksaan dental scan untuk melihat identitas nervus sepanjang nervus canalis.  Setelah nervus diidentifikasi kemudian ditunjukkan pada gambaran panoramik dan irisan melintang. Pengukuran dengan alat ini dapat mengukur panjang, lebar, kedalaman dan volume dari yang akan membantu dalam rencana tindakan bedah (Kodak dental system.com)
        3.  Autobone
 Aplikasi soft ware auto bone merupakan soft ware analisis  gambar untuk memfasilitasi kalsifikasi struktur tulang pada pemeriksaan CT Angiografi.
        4.  CT Perfusi
Aplikasi soft ware CT perfusi sangat berarti untuk menentukan gangguan pada perfusi. Aplikasi ini meliputi pemetaan aliran dan volume darah pada pasien, viewer dan aplikasi tiga dimensi.
        5.  Smartcore
 Aplikasi soft ware smart core digunakan untuk menghitung volume atau densitas dari area kalsifikasi arteri koronaria. Penggunaan aplikasismart core ini sangat penting pada pemeriksaan CT Cardiac.
        6.   Bone Mineral Densitometry
Soft ware bone mineral densitometry didesain sebagai fasilitas untuk mengukur densitas mineral dalam body vertebra. Aplikasi klinisnya untuk mengukur kehilangan mineral tulang pada pasien dengan resiko osteoporosis dan  dapat juga untuk memonitor respon tindakan terapi.
        7.   Koreksi noise dan artefak
Aplikasi soft ware koreksi noise digunakan untuk mengurangi noise yang timbul pada gambar CT Scan. Soft ware koreksi artefak meliputimotion  artifact correction ( MAC) yaitu soft ware untuk mengurangi artefak yang terjadi pada gerakan  misalnya menelan pada saluran pencernaan dan  metal artifact reduction (MAR) yaitu soft ware untuk mengurangi artefak yang disebabkan  logam yang muncul pada gambar CT Scan.
        
8.  Denta scan (Panoramik dan Cephalometri)
Aplikasi soft ware denta scan digunakan untuk membuat kreasi secara keseluruhan dengan membandingkan perubahan penampang aksial, panoramik dan oblik dari tulang mandibula dan atau tulang maksila. Selain itu juga dapat digunakan untuk melihat gambaran dua dimensi dari panoramik dan cephalometri  (Kodak dental system.com).
        9.  CT Dose Profil

Aplikasi soft ware pada metode pengukuran profil dosis tidak menggunakan cara tradisional seperti pengukuran CTDI dengan menggunakan pencil ionisation chamber namun merupakan metode  pengukuran secara otomatis  profil dosis pada scanning spiral maupun aksial. Beberapa parameter yang dapat dievaluasi dengan menggunakan CT Dose Profil secara simultan antara lain CTDI scan,Multi Scan Average Dose (MSAD)CT Beam fluoro dan variasi arus tabung.

About these ads

One response to this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: